Sunday, September 13, 2009

Baik-Buruk Facebook : Tergantung Penggunanya

Tidur telat bangun pagi pagi
Nyalain komputer online lagi
Bukan mau ngetik kerjaan
E-mail tugas diserahkan

Tapi malah buka facebook
Padahal face masih ngantuk
Beler kayak orang mabuk
Pala naik turun ngangguk-ngangguk



Yap, sepenggal lirik dari hits Saykoji "Online" sudah cukup menggambarkan bagaimana masyarakat Indonesia, khususnya kaula muda, sedang demam Facebook. Social network satu ini memang menawarkan fitur yang sangat lengkap melebihi social network lainya. Dalam facebook kita bisa saling berkomentar status atau sekedar menulis di wall, upload foto sekaligus men-tag teman2 yang ada dalam foto itu dan ramailah foto itu dengan berbagai komentar. Kita juga tak perlu repot-repot membuat blog untuk menuliskan buah pikiran kita karena facebook juga menyediakan fasilitas note yang bisa di tag juga. Dengan facebook kita juga diingitkan hari ulang tahun teman2 kita, kalau mau ada pesta ulang tahun, kita juga dapat mengundang teman-teman kita (RSVP), dan teman2 kita bisa merespon bisa datang atau tidak.

Kehadiran facebook mengalihkan banyak kebiasaan kita dalam berkomunikasi dengan teman-teman kita. Hal ini dapat terjadi dengan syarat hampir semua atau sebagian besar teman2 kita sudah memiliki akun facebook dan aktif menggunakanya. Dan yang terjadi sekarang di Indonesia sudah memenuhi syarat itu. Tak hanya di kota besar, sampai daerahpun sudah banyak kaula muda yang memiliki akun facebook. Tak hanya kaula muda, para orang tua pun ikut memiliki. Bahkan di jurusan teknik elektro ini komunikasi antar mahasiswa dan dosen juga terjadi lewat facebook.

Tak bisa dipungkiri, kita semua enjoy dengan facebook dan hampir setiap hari menggunakannya. Kalau saya sendiri hampir pasti ada tab untuk facebook di browser saya selama saya online :D

Ini dia yang menjadi dampak negative paling nyata dari penggunaan facebook : kecanduan! Secara kuantitatif saya memang tak bisa menyebutkan secara pasti dengan angka. Namun dari siapa saja yang dari jam 7 pagi sampai jam 2 malem masih online atau dari status yang ditulis, dapat saya katakan bahwa sebagian besar orang yang memiliki akun facebook, menggunakan facebook dengan waktu yang berlebihan, bahkan sangat. Ada yang bilang juga kalau facebook itu mendekatkan yang jauh tapi menjauhkan yang dekat. Hal ini saya alami di kos-kosan saya.

Karena susah juga menghitung berapa banyak hal yang penting dan ga penting yang ada diseluruh facebook, saya ambil sample saja apa yang ada pada screen saya sekarang.

Hasilnya adalah :

Keluhan/kemarahan/hal buruk : 5
Semangat/kegembiraan/hal baik : 6
Iseng/'geje'/ra penting : 10
informasi penting/berita : 1
bertanya(hal penting) : 2
memberitahukan apa yg sedang dilakukan : 19

Dari hasil riset kecil diatas,facebook didominasi update status tentang hal yang sedang dilakukan dan disusul dengan hal yang tidak penting seperti "Saya lapar..!!" "sedang bete!" "love love love" atau kata2 lebay lainnya. Ke'geje'an ini Juga terlihat dari banyaknya dari kita yang ikut kuis yang jelas2 ngawur analisanya bahkan cenderung menyesatkan seperti "Apa inisial orang yang benar2 mencintaimu?". Tapi kadang lucu juga sih kalau ikut2an kuis "Seberapa dancukkah dirimu?" (LOL)

Tapi siapa bilang facebook tidak bermanfaat? saya mencatat beberapa orang yang mempunyai kebiasaan berbagi informasi penting dan inspiratif baik buah pemikiran sendiri ataupun dari sumber lainnya yang ditulis dalam note. Beberapa kali saya memetik pelajaran penting dari sini.

Saya rasa jika Facebook harus di band oleh pihak Universitas, itu tidak relevan dengan tren teknologi informasi yang berkembang. Bak pedang yang tajam ataupun senjata api, facebook juga tergantung pada siapa yang memakainya. Kalau regulasi mungkin perlu untuk membatasi berapa jam perhari yang disediakan untuk mengakses facebook.

Lebih dari itu, hal yang paling saya khawatirkan dari penggunaan facebook adalah issue tentang privacy terhadap data-data pribadi yang kita tulis dan segala aktifitas yang menurut saya juga sangat personal. Bagaimana jika seluruh informasi itu jatuh ke tangan yang salah? atau mungkin saja hal ini sudah dirancang? Bayangkan jika semua orang memiliki akun facebook?

Tulus Hamdani - 33507

1 comment:

Iklan Gratis said...

Facebook ah facebook...
kini sudah menjadi candu bagi sebagian individu...
ada yang hanya sekedar punya n tidak mw dibilang ketinggalan jaman...
ada yang memang senang n sangat update denganfacebook...
sampai2 ada yang jadia rajin kerjanya..
pdahal datang pagi2 bukan untuk mengerjakan pekerjaan kantorntya, tetapi untuk cek status hehehee...kek lagunya Saykoji aja yah.

facebook juga banyak yang dijadikan sebagai ajang usaha menawarkan barang atau jasa...
ini bisa dibilang orang yang memanfaatkan peluang dengan bagus...
apalagi jejaring ini sangat update n lebih unggul dari Frienster...

bahkan sekarang anak SD aja dah pada punya facebook sendiri...
walah....saya jadi ketinggalaln nih sama anak2 SD hihihi...

btw, Facebook juga banyak keuntungan n kerugiannya juga...
Mengembalikan Jati Diri Bangsa